Selamat Datang di Blog BPP Panca Rijang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

Thursday, December 8, 2011

Rancangan Proposal Kaji Terap BPP Panca Rijang


Muhammad Irsul z, SP
Oleh : Muhammad Irsul Z, SP 
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
                Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia memerlukannya menjadi Hak Asasi setiap warga masyarakat Indonesia guna mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk melaksanakan Pembangunan Nasional dalam struktur Pangan Nasional, Beras merupakan salah satu komoditas paling strategis dan merupakan hal yang paling banyak dikomsumsi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu ketersediaan beras harus dijamin oleh pemerintah setiap saat untuk kestabilan ekonomi sosial dan keamanan
                Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka Kementerian Pertanian Tahun 2011 melaksanakan berbagai kegiatan untuk mempercepat pencapaian swasembada beras dengan target 70,60 juta ton Gabah Kering Giling. Untuk mendukung program tersebut salahsatu kegiatannya adalah melakukan    kaji terap dilokasi sentra produksi di masing-masing balai penyuluhan pertanian sebagai salahsatu metode penyuluhan yang dilaksanakan oleh petani dan dibimbing oleh penyuluh dengan hasil kaji terap ini dengan harapan para petani yang berada disekitarnya dapat mengakses teknologi yang diterapkan   dilokasi kaji terap tersebut dalam rangka meningkatkan produksi mereka.

B Tujuan
                Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kaji terap pelaksanaan program P2BN ini adalah sebagai berikut :
1.       Menyampaikan kesesuaian paket teknologi usaha tani dengan kebutuhan dan kemampuan serta komoditas agroekosistem petani diwilayah dimana kaji terap dilaksanakan.
2.       Mempercepat penyebaran informasi paket teknologi pertanian yang telah direkomendasi secara umum.

C. Manfaat
                Adapun manfaat yang ingin didapatkan pada pelaksanaan kaji terap pelaksanaan program P2BN ini sebagai berikut :
*      Dapat merangsang petani untuk menerapkan teknologi dalam usaha taninya.
*      Menunjukkan keberhasilan kaji terap kepada petani bahwa paket teknologi tersebut  sesuai dengan situasi usaha taninya.

D. Dasar Pelaksanaan
                Pelaksanaan kaji terap ini dilaksanakan berdasarkan Program Kementrian Pertanian dalam hal ini Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dalam bentuk pengawalan penyuluhan pertanian yang dibagi dalam 5 kegiatan salah satu diantaranya adalah kaji terap.
                Sebagai penanggung jawab kegiatan adalah Balai Pelatihan Pertanian yang tersebar diseluruh wilayah Republik Indonesia salah satunya adalah BBPP Batangkaluku yang mewilayahi beberapa kabupaten.

E. Rencana Pelaksanaan
                Rencana pelaksanaan kaji terap diwilayah Balai Penyuluahn Pertanian (BPP) Panca Rijang berlokasi di Kelurahan Rappang Kelompok tani Padaelo.
                Waktu pelaksanaan tanam direncanakan pada minggu ke III (tiga) Desember 2011.
Adapun teknologi yang akan dikaji adalah :
*      Luas areal kaji terap adalah : 1.00 Ha
*      Legowo 2.1.(40x20x20 cm) tapin
*      Legowo 2.1 (50x25x12,5) tapin

F. Hasil Yang Ingin Dicapai
                Adapun hasil yang ingin dicapai dalam kaji terap ini adalah sebagai berikut :
1.       Terlaksananya kaji terap sesuai dengan petunjuk teknis yang ada
2.       Adanya peningkatan produksi yang signifikan antara pelaksanaan kaji terap dengan perlakuan petani secara umum selama ini.
3.       Dengan perbedaan hasil yang signifikan antara pelaksanaan hasil kaji terap dengan hasil perlakuan petani sehingga tergugah hatinya untuk mencontoh perlakuan kaji terap sehingga produksi mereka dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.

PENUTUP
                Pelaksanaan kaji terap adalah satu metode penyuluhan yang dimaksudkan untuk menjadi motivasi kepada pelaku utama (petani) dalam mengelolah usahataninya untuk meningktkan produksi, pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha tani.
                Dengan harapan kita semua agar pelaksanaan kaji terap ini berhasil dengan baik. Mari kita satukan tekad kerjasama dan bimbingannya yang baik pada semua tingkatan sesuai dengan fungsi kita masing-masing.
                Demikian proposal ini dibuat sebagai bahan acuan demi terlaksananya kegiatan kaji terap ini.

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia